Ayo Mengenal Macam-macam Genre Buku, Sebelum Mulai Menulis



Persiapan utama sebelum mulai menulis cerita harus banyak baca buku. Jangan hanya baca satu macam genre saja. Sahabat KKPK harus coba untuk membaca semua jenis genre buku.

Membaca banyak jenis buku akan memperkaya kosakata yang kamu miliki dan bisa mendorong mu mendapatkan banyak ide cerita.Coba sebutkan, sudah baca berapa macam genre buku ? Rumah KKPK akan memberimu informasi singkat tentang apa saja jenis genre novel yang ada:
Novel Non fiksi



Foto: unsplash.com

Dalam genre buku non fiksi, ceritanya ditulis berdasarkan kejadian nyata yang memang pernah terjadi. Bisa diambil dari pengalaman pribadi penulis atau kisah hidup orang lain. Isi cerita tentu harus sesuai dengan fakta kejadian saat itu. Digambarkan dan diceritakan dengan jelas. Nama para tokoh ada yang menggunakan nama asli ada yang menggunakan nama lain seperti misalnya nama panggilan.

Novel Petualangan



Foto: unsplash.com

Genre buku yang satu ini memiliki alur dan cerita yang berkesinambungan atau berkelanjutan. Bercerita tentang sebuah perjalanan dimana para tokoh nya harus menyelesaikan suatu misi. Melewati berbagai rintangan dan tantangan untuk bisa sampai ke tempat tujuan.

Novel Fiksi Fantasi



Foto: unsplash.com

Cerita dalam novel genre ini berdasarkan hal yang tidak ada dalam dunia nyata. Seperti manusia bisa memiliki kekuatan (super power), hewan berbentuk unik yang bisa bicara, juga dunia yang penuh dengan magic. Untuk membuat cerita jenis genre yang satu ini, sahabat KKPK harus berimajinasi dan mengeluarkan kreativitasnya.

Novel Misteri



Foto: unsplash.com

Jangan sampai salah kira ya, novel dengan genre misteri ceritanya memang menegangkan, tapi bukan tentang cerita horror. Genre Misteri lebih bercerita tentang kejadian aneh atau janggal yang dialami para tokoh, yang pada awal cerita tidak diketahui apa penyebabnya. Sehingga para tokoh harus memecahkan misteri tersebut untuk mendapatkan jawabannya.

Novel Science Fiction (fiksi ilmiah)



Foto: unsplash.com

Jenis genre science fiction atau sering disingkat sci-fi, termasuk kisah fiksi atau tidak nyata yang ceritanya dikarang oleh sang penulis. Namun bedanya isi cerita pasti berhubungan dengan teknologi dan masa depan. Seperti penjelajahan luar angkasa, tentang alien, mesin waktu, dunia robot dan masih banyak lagi.

Novel Komedi



Foto: unsplash.com

Kalau Novel genre komedi sudah pasti isinya tentang cerita-cerita lucu yang bisa membuat pembaca tertawa geli. Ceritanya ringan dan bahasa yang digunakan mudah dipahami. Sepanjang membaca novel komedi, sahabat KKPK akan terus diajak tertawa atau setidaknya senyum-senyum sendiri yang membuatmu jadi terhibur

Sebenarnya ini belum termasuk semua jenis genre buku. Masih ada lagi genre-genre menarik lainnya. Sahabat KKPK bisa coba cari buku genre yang lain, atau setidaknya mulai membaca novel-novel dengan genre di atas.

Kamu bisa pilih berbagai macam judul cerita baik itu novel atau komik dari KKPK. Setiap bulannya selalu ada buku baru yang terbit dengan tema dan genre yang berbeda-beda. Tinggal dipilih saja mau baca buku genre apa.

Comments

Popular posts from this blog

Minat Baca Hilang, Taman Bacaan Dijual

Virus Negatif Vs Virus Positif

Minat Baca Tumbuh Setelah Menulis